Langsung ke konten utama

“CARA MEMILAH SAMPAH,MENGOLAH DAN MANFAATNYA”

Let’s check! Sudah sampai mana kamu tahu?
Ditulis oleh : 
Lailatul,Riza ani,Rulia,Sari avina
          Tahukah kamu sampah selalu jadi momok bagi masyarakat? Seperti yang kita tahu, sampah selalu jadi momok bagi masyarakat. Dianggap sebagai momok karena masalah sampah di dunia ini seolah tidak ada habisnya, sampah menjadi hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Lalu siapa yang tidak pernah menghasilkan sampah? Tentu jawabannya tidak ada.
          Wahh.... Kalo diitung-itung sampah yang ada di bumi ini banyak juga ya? Yang menjadi masalah, sikap masyarakat di seluruh dunia yang tidak disiplin saat membuang sampah menjadi penyebab bumi kita menjadi kotor.
          Kurangnya kesadaran masyarakat akan adanya sampah, membuat mereka juga tidak mengetahui cara memilah sampah anorganik yang merupakan sampah yang sangat sulit untuk diurai dan yang paling banyak dihasilkan oleh manusia. Untuk itu KIR Quantum mengadakan program kunjungan ke Bank Sampah untuk belajar cara memilah sampah yang baik dan benar. Nah, melalui tulisan ini kami akan berbagi sedikit ilmu yang telah kami dapatkan tentang “cara memilah sampah dan manfaat memilah sampah”.

Lets check this out!
Pertama, memilah Duplek
          Pernahkah kalian mendengar kata duplek? Duplek adalah sebuah sampah kertas yang ukurannya agak tebal seperti, cover buku, kemasan sabun batang, dll. Untuk buku tulis. Bagi pelajar seperti kita-kita, pasti punya stok buku yang melimpah di rumah. Nah, daripada mengendap dan malah menjadi sampah. Kita bisa menolong rumah kita sendiri dari tumpukan sampah buku dengan cara memilahnya dan menjualnya ke bank sampah. Cara memilah sampah ini cukup mudah yaitu hanya dengan memisahkan cover buku dengan isi buku.
      
         
Gambar 1.1. Cara Memilah Sampah Duplek
Kedua, memilah Blowing
          Kalau blowing tau gak? Blowing itu tuh sampah botol plastik ciri-cirinya yang paling kita ketahui yaitu pada bagian bawah ada garisnya seperti, botol susu, botol detergen liquid, dll. Cara memilahnya yaitu dengan cara melepaskan lebel plastik dan tutupnya (jika ada).
               
Gambar 1.2. Cara Memilah Sampah Blowing
Ketiga, memilah Kerasan
          Kerasan ini jangan diartikan dalam bahasa Jawa yahh.... Karena dalam bahasa Jawa kerasan itu artinya nyaman dan betah tinggal. Dalam hal ini kerasan adalah sampah plastik yang memiliki ukuran agak tebal seperti, mika, paralon, tutup botol, dll.
Keempat, memilah Pet
          Jangan anggap pet itu pipa yahh.... Disini pet adalah sampah botol plastik biasa , pet ini dibagi menjadi dua yaitu berdasarkan warnanya. Ada yang bening dan ada yang berwarna. Contoh untuk yang bening, pasti kalian udah taukan botol apa yang warnanya bening? Yap sudah pasti botol air mineral, karena kebanyakan botol air mineral selalu menggunakan botol yang berwarna bening. Kalau contoh untuk yang berwarna pasti juga udah tau kan? Iya betul banget yaitu botol sprite, karena botol ini memiliki warna yaitu warna hijau. Cara memilahnya sama dengan cara memilah blowing yaitu dengan melepaskan label merek dan juga tutupnya.
       




       




Gambar 1.3. Cara Memilah Sampah Pet

  











Gambar 2.1. Sampah Pet Bening dan Berwarna 

Gambar 2.2. Sampah Sachet

Gambar 2.3. Sampah Kerasan

Nah, sekarang kalian udah tau kan gimana caranya memilah sampah? Tapi kalian tau gak sih sebenernya manfaat dari memilah sampah?   
Ok, kita akan menyebutkan 2 manfaat yang paling menonjol. Coba tebak apa hayo? Manfaatnya adalah .....
Firstly, jika kalian dapat memilah sampah sesuai jenisnya. Kalian bisa tuh setorin di pengepul sampah atau nggak di bank sampah di sekitar kalian, dan asal kalian tau harga sampah-sampah yang sudah dipilah itu memiliki harga lebih besar lohh ketimbang sampah campuran yang biasa kalian berikan. Contohnya adalah ketika kita menyetorkan sampah ke bank sampah dan dalam bentuk sampah campuran, maka sampah tersebut akan ditimbang secara bersamaan dan harganya pun juga sesuai harga sampah umum perkilonya. Tetapi, kalau kita menyetorkan sampah yang sudah dipilah maka akan ditimbang sendiri-sendiri dengan harga yang telah ditentukan jenis-jenis sampah perkilonya. Jadi, secara otomatis kita bisa mendapat tabungan dari sampah lebih besar saat kita menyetorkan sampah yang telah dipilah tersebut.
Secondly, kalian tau pabrik pengolahan sampah? Iya yang gede ono noh... Kalian liatkan sampah-sampah disana sebelum di daur ulang mereka akan menyortir jenis-jenis sampahnya telebih dahulu. Masih belum ngerti kenapa pabrik-pabrik sampah seperti itu menyortir berdasarkan jenis sampahnya? Penasaran? Yakin pengen tau? Yakin nih? Hayo yang pengen tauuu.... Jawabannya simpel kok, karena jenis-jenis sampah tersebut memiliki kegunaan tersendiri loh saat mereka didaur ulang. Jadi dengan memilah sampah kita bisa membantu proses pengolahan sampah.
Sekarang kalian, udah tau kan gimana cara memilah sampah dan manfaat memilah sampah. So, kita pilah sampah yuk mulai sekarang supaya kita bisa merasakan manfaatnya bersama. Jadi, cukup sekian atas pembahasan tentang cara dan manfaat pemilahan sampah. Semoga artikel kami bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya yah, agar karya kami lebih baik lagi kedepannya.... See you next time guys....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Quiz with Prizes (valentineday)

Question!!! 1. Pada abad ke berapa kartu valentine mulai populer di Inggris? 2. Apa istilah yang digunakan negara Guatemala untuk Hari Valentine? 3.   Apakah merayakan valentine bagi umat Islam itu haram? Jelaskan menurut pendapatmu! ð   Format Jawaban Jawaban -       Nama : -       Kelas : #valentineday #kirquantumsmarifda   ð   Contoh Ø   Soal : 1.      Apa nama lain Hari Valentine ? Ø   Jawab : 1.      Hari Kasih Sayang -       Nama : Park Chanyeol -       Kelas : XI MIPA 5 #valentineday #kirquantumsmarifda Hadiah =>> Gratis voucher makan di kantin gedung pink senilai Rp 5.000,- ( Khusus no. 3 Rp 10.000,- ) PS : Hadiah diperuntukkan kepada yang menjawab benar dan cepat. Deadline 26 Februari 2019 .

belajar tanpa takut kotor

BELAJAR TANPA TAKUT KOTOR ditulis oleh: sherly, suaibatul, aeni, fatima           Hai, friends diantara kalian pasti ada yang suka dengan Study Tour kan? Apa sih Study Tour itu? Study Tour adalah kegiatan diluar kelas yang bertujuan untuk mempelajari proses yang sebenarnya langsung di lapangan. Jadi, dengan kata lain Study Tour merupakan mengamati proses secara langsung ditempatnya. Kali ini kami akan menceritakan perjalanan Study Tour dari anggota KIR Quantum SMA MAARIF NU PANDAAN.           Pada hari jum’at, 9 November 2018 kami anggota KIR Quantum SMA MAARIF NU PANDAAN pergi berkunjung ke Bank Sampah Trawas . Tepatnya di Dsn. Selotapak Trawas Mojokerto. Sebelum berangkat kesana, kami berkumpul di ruang KIR sambil menunggu semua anggota berkumpul. Sekitar pukul 07.30 WIB kami berangkat ke sana dengan naik mobil angkutan yang telah disewa. Sepanjang perjalanan, kami saling bercanda dan menikmati pemandangan dari bilik kaca jendela mobil. Meskipun jalannya aga